Cara Membuat Piston 3D Pada AutoCad
Piston 3D. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat sebuah piston 3D pada program AutoCad. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam membuat piston 3D pada program AutoCad, semua tergantung bagaimana kita memahami tools yang ada dalam program AutoCad sehingga kita dapat menggunakannya secara maximal. Dalam artikel pembuatan piston ini saya akan lebih banyak menggunakan fungsi SUBSTRACT dengan berbantuan Cylinder ditambah sedikit menggunakan fungsi UCS.
Oh iya......sekalian saya ingin memberitahu bahwa dimulai pada artikel ini, saya akan menulis pembahasannya secara bersambung seperti sinetron - sinetron yang ada di TV sehingga nantinya akan terbentuk suatu kisah ....ups maaf salah, maksudnya akan terbentuk suatu komponen - komponen yang saling terhubung satu dengan yang lainnya........ Silahkan anda mengikuti terus artikel ini untuk melihat dan mengetahui kisah akhirnya dari tiap - tiap komponen yang saya buat dan bahas di setiap artikel saya !!
Cara yang akan saya jelaskan adalah sebagai berikut :
- Buatlah 2 buah silinder dengan silinder pertama berjari - jari 5 dan tinggi 10, kemudian buat silinder yang kedua dengan jari - jari 4 dan tinggi 9.
Command: Cylinder
Specify center point of base or [3P/2P/Ttr/Elliptical]: 0,0,0
Specify base radius or [Diameter] <1.0000>: 5
Specify height or [2Point/Axis endpoint] <10.0000>: 10
Command: cylinder
Specify center point of base or [3P/2P/Ttr/Elliptical]:
Specify base radius or [Diameter] <4.0000>: 4
Specify height or [2Point/Axis endpoint] <9.0000>: 9
- Lubangi silinder pertama dengan silinder kedua menggunakan fungsi SUBTRACT.
Command: Subtract
Select solids and regions to subtract from ..
Select objects: 1 found ( klik silinder pertama )
Select objects: ( enter )
Select solids and regions to subtract ..
Select objects: 1 found ( klik silinder kedua )
Select objects: ( enter )
Agar anda dapat melihat hasil dari silinder yang telah di subtract maka ubahlah pandangan menjadi 3D SW Isometric lalu gunakan free orbit untuk mengatur pandangan yang cocok menurut anda sehingga gambar akan terlihat seperti dibawah ini.
Pandangan free Orbit |
- Buat dua buah silinder masing - masing dengan jari - jari 5 mm dan tinggi 0.5 mm, juga silinder dengan jari - jari 4.5 mm dan tinggi 0.5 mm kemudian gunakan SUBSTRACT untuk melubanginya.
Command: cylinder
Specify center point of base or [3P/2P/Ttr/Elliptical]:
Specify base radius or [Diameter] <4.0000>: 5
Specify height or [2Point/Axis endpoint] <9.0000>: 0.5
Command: cylinder
Specify center point of base or [3P/2P/Ttr/Elliptical]:
Specify base radius or [Diameter] <5.0000>: 4.5
Specify height or [2Point/Axis endpoint] <0.5000>: 0.5
Command: subtract
Select solids and regions to subtract from ..
Select objects: 1 found ( klik silinder pertama )
Select objects: ( enter )
Select solids and regions to subtract ..
Select objects: 1 found ( klik silinder kedua )
Select objects: ( enter )
- Untuk mempermudah proses selanjutnya, maka ubahlah pandanngan 2D melalu menu View > Visual Styles > 2D Wireframe lalu ubah lagi menjadi pandangan kanan dengan menggunakan menu View > 3D View > Right. Maka gambar terlihat seperti dibawah ini.
- Perbanyak silinder yang tinggi 0.5 mm menjadi 3 dengan jarak masing - masing 1mm dan tempatkan seperti tampak gambar di bawah in. Setelah posisinya tepat, lubangi silinder jari - jari 5 dan tinggi 10 dengan SUBTRACT.
- Ubah kembali sudut pandang menjadi SW isometric melalui menu View > 3D View > SW Isometrik. Lalu gunakan tools View > Orbit > 3D Orbit untuk mengatur sudut pandang yang cocok sehingga gambar terlihat seperti ini.
- Kemudian ganti posisi UCS ke arah kanan.
Command: ucs
Specify origin of UCS or [Face/NAmed/OBject/Previous/View/World/X/Y/Z/ZAxis]
<World>: right
Sehingga posisi UCS menjadi seperti ini :
- Buatlah silinder dengan jari - jari 2 mm dan tinggi 10 mm, dan titik pusat berada di qudran silinder yang paling besar kemudian gunakan SUBTRACT untuk melubangi silinder yang terbesar tersebut maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
sebelum di SUBTRACT |
Setelah di SUBTRACT |
- Buatlah silinder dengan jari - jari 1 mm dan tinggi 10 mm, dan titik pusat berada di qudran silinder yang paling besar kemudian gunakan SUBTRACT untuk melubangi silinder yang terbesar tersebut maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Sebelum di SUBTRACT |
Setelah di SUBTRACT |
Putar dengan FREE ORBIT |
Ok...... Kepala piston sudah jadi, silahkan anda mencobanya
Download artikel ini
Komentar
Posting Komentar