Postingan

Memahami Sumbu Koordinat Gambar 3D

Gambar
Dalam 2D kita hanya mengenal 2 sumbu yaitu x dan y. Model 3D terdiri dari 3 sumbu, yaitu x, y, dan z, dimana kita bekerja dengan 3 titik koordinat. Tetapi dalam beberapa hal kita masih membutuhkan teknik 2D dalam 3D, misalkan kita membentuk objek 2D menjadi bentuk objek 3D. Sumbu dan arah rotasi 3D Pada gambar di atas, perputaran sudut positif (+) adalah arah sumbu positif berlawanan dengan arah jarum jam. Tetapi kita dapat mengatur sesuai keinginan kita. Cara paling mudah untuk membayangkan sumbu - sumbu pada 3D adalah dengan menggunakan kaidah tangan kanan kita. Arah rotasi di wakili oleh jari manis dan kelingking pada sumbu x atau genggaman tangan menunjukan arah rotasi. Sebelum kita memasuki perintah - perintah menggambar 3D dan proses editingnya, kita sebaiknya mengetahui beberapa hal berikut ini. SISTEM KOORDINAT Koordinat Absolut Metode ini digunakan dengan kita memasukan langsung koordinat sesuai dengan koordinat bidang gambar, yaitu koordinat x, y, z. Adapun cara penulisannya

Aturan Menggambar Benda Potongan ( Irisan )

Gambar
Dalam menggambar sebuah benda ke bidang 2D di tetapkan pula aturan - aturan yang berlaku secara internasional. Salah satu nya adalah aturan untuk menggambar sebuah benda potongan atau irisan. Tidak jarang ditemui benda-benda dengan rongga-rongga di dalamnya. Untuk menggambarkan bagian - bagian ini dipergunakan garis gores, yang menyatakan garis tersembunyi. Jika hal ini di laksanakan secara taat asas, maka akan menghasilkan sebuah gambar yang rumit sekali, dan susah di mengerti. Bayangkan jika sebuah roda gigi harus di gambar secara lengkap ! Untuk mendapatkan gambaran dari bagian - bagian yang tersembunyi ini, maka bagian yang menutupi di buang. Gambar demikian disebut gambar potongan, atau disingkat dengan potongan. Gambar di bawah ini memperlihatkan sebuah benda dengan yang tidak kelihatan. Bagian ini dapat di nyatakan dengan garis gores. Jika benda ini terpotong maka bentuk dalamnya akan lebih jelas lagi.  Dalam hal-hal tertentu bagian bagian - bagian yang terletak di belakang poto

Cara membuat, menggambar baut 3D di AutoCAD

Gambar
Pada kesempatan kali ini saya coba untuk membahas bagaimana langkah - langkah untuk membuat gambar baut 3D di AutoCad. Pada prinsipnya langkah - langkah maupun fungsi tools yang saya gunakan untuk menggambar di AutoCad 2008 ini dapat pula diterapkan untuk versi yang lainnya. Semua itu tergantung bagaimana kita memahami fungsi tools tersebut dan memainkan imajinasi kita untuk membuat sebuah gambar. Untuk awal, siapkan layar kerja gambar terlebih dahulu dengan ukuran kertas bebas, lalu ubahlah tampilan layar kerja gambar menjadi pandangan SW Isometrik agar mudah dalam pengerjaan pembuatan gambar khususnya gambar 3D .  Gambar : Merubah tampilan SW isometrik Setelah langkah diatas dilakukan maka tampilan UCS akan berubah, seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Tanda UCS SW Isometrik Untuk memulai menggambar baut 3D langkah - langkahnya adalah sebagai berikut : Buat lingkaran dengan diameter misal 20 mm, caranya : Command: circle Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan ra